Review Aplikasi – Evernote, Memudahkan Kita Bekerja

Apa itu Evernote?

Memang sudah ada aplikasi catatan digital bawaan dari setiap setiap device yang kita pakai. Entah itu dari laptop atau di smartphone. Tapi selalu ada saja kekurangan dari aplikasi bawaan tersebut. Sekarang pilihan itu ada, dari mulai yang gratis sampai yang berbayar. Dari sekian banyak aplikasi catatan digital yang ada, pilihan saya jatuh ada Evernote.

Secara umum, Evernote memudahkan saya untuk membuat catatan dan menyimpan ide-ide. Fungsi yang tidak kalah pentingnya dari aplikasi ini adalah mengingatkan saya untuk berbagai hal diperlukan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain dalam bentuk teks, aplikasi ini memungkinkan untuk merekam audio, video serta mengambil foto. Bahkan, katanya, Evernote ini bisa mendikte apa yang kita ucapkan menjadi teks. Jadi penasaran untuk mencoba fitur ini.

Evernote sangat mudah digunakan. Fiturnya pun sangat mudah dipahami. Saya sering menggunakan Evernote versi web. Kalau saat kondisi saya tidak di depan laptop, juga ada versi aplikasi di smartphone, saya menggunakan di smartphone berbasis android. Atau kalau mau nyoba aplikasi untuk versi desktop juga, tinggal download di website Evernote. Kalau saya lebih nyaman menggunakan versi web.

Cara Memulai Menggunakan Evernote

Dicontoh ini, saya menggunakan Evernote versi website. Setelah masuk ke halaman home dari Evernote, kita klik menu masuk, selanjutnya kita mengisi informasi untuk masuk atau jika belum punya akun, silahkan di klik buat akun di bagian paling bawah. Kalau saya biasanya langsung klik lanjutkan dengan google.

Fitur-Fitur Evernote

Ada sembilan fitur atau opsi catatan yang bisa kita buat di Evernote. Selain itu, di bagian menu sebelah kiri, tepatnya di menu buku catatan kita bisa membuat folder tersendiri. Misalnya kita ingin memisahkan catatan untuk pekerjaan dengan catatan pribadi. Tinggal kita buat folder saja untuk membedakan dua untuk kedua catatan tersebut.

Fitur Catatan Kosong

Nah, untuk catatan kita bisa memilih opsi sesuai apa yang kita butuhkan. Jika kita ingin menulis sesuatu dan tidak menginginkan ada template, maka kita bisa memilih menu catatan kosong.

Fitur Catatan Rapat

Jika kita dapat tugas untuk mencatat MoM ketika rapat, terus masih bingung gimana template MoM atau belum dapat template MoM, kita bisa memilih menu catatan rapat.

Fitur Tugas 

Atau kita berada di posisi banyak tugas atau deadline yang harus diselesaikan dan bingung tugas atau deadline mana yang harus didahulukan. Fitur tugas ini sangat membantu. Dimana sudah ada template checklist pembagian tugas akan kita kerjakan hari ini, besok, minggu ini atau suatu hari nanti.

Fitur Rencana Mingguan

Fitur berikut ini mungkin sangat berguna bagi seorang bisnis owner atau project manager. Dimana mereka harus mengelompokan rencana-rencana yang akan dilakukan di dalam satu minggu.

Fitur-fitur di atas merupakan fitur yang sering saya gunakan. Masih banyak fitur-fitur lainnya yang sangat bermanfaat dan memudahkan aktivitas kita tentunya. Silahkan dilanjut untuk oprek-oprek sendiri ya. Intinya tools atau aplikasi ini sangat gampang digunakan.

Upgrade Fitur

Untuk saat ini, dengan layanan gratis dari Evernote masih cukup bagi saya. Cuma ada keterbatasan di storage yang didapatkan, hanya 25 MB. Tapi untuk teks, ini sudah lebih dari cukup menurut saya. Kalau nanti butuh upgrade storage, ada dua pilihan yang bisa digunakan, pilihan premium dan pilihan business. Untuk detail servis yang didapatkan, silahkan berkunjung ke website Evernote.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s