Petani dan Nelayan, Harapan Masyarakat Indonesia

Indonesia ini mempunyai beraneka ragam profesi pekerjaan. Setiap profesi pekerjaan tersebut pasti mempunyai dampak positif bagi manusia yang ada disekitarnya. Dari sekian banyak profesi pekerjaan tersebut, ada beberapa profesi pekerjaan yang keberlangsungannya bergantung kepada pemerintah. Artinya disini peran pemerintah sengat menentukan, apakah profesi pekerjaan tersebut membuat untung si pelakunya atau malah membawa kerugian.

Disini saya akan mencoba menjelaskan dua profesi pekerjaan, dimana kita sangat bergantung ke dua profesi pekerjaan tersebut.

  • Petani. Saya dibesarkan di keluarga petani. Nenek saya seorang petani, begitu juga dengan kakek saya. Petani disini mencakup semuanya, petani padi, petani sayuran, petani buah-buahan. Sebenarnya hasil pertanian Indonesia mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tapi banyak hasil pertanian yang masuk dari luar negeri, membuat hasil pertanian petani Indonesia seperti kurang di hargai.
  • Nelayan. Siapa yang tidak tahu laut Indonesia? Sampai-sampai ada nelayan dari negara tetangga yang ikut mengambil ikan dari laut Indonesia. Tapi ada kebijakan dari Perum Perikanan Indonesia seakan tidak memihak kepada kepentingan nelayan.

Saya sempat membayangkan, jikalau kedua profesi tersebut melakukan mogok masal, apa yang akan terjadi? Indonesia akan kekurangn bahan pokok makanan. Semoga kedepannya, semua kebijakan pemerintah lebih mementingkan masyarakat Indonesia, terutama untuk petani dan nelayan.

Advertisements

One thought on “Petani dan Nelayan, Harapan Masyarakat Indonesia

  1. semoga pemerintah memperhatikan dua profesi ini. sedih, kalau lihat kesejahteraan petani kian menurun. musimnya tanam segala pupuk dan teman- temannya mahal, giliran panen harganya murah. 😦 kan kasian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s