Project Management Officer (PMO)

Sedikit berbagi tentang pengalaman pekerjaan yang baru. Sekarang ini posisi saya sebagai Project Management Officer (PMO). Tugasnya adalah bagaimana mengontrol suatu project agar berjalan sesuai dengan planning. PMO berhubungan dengan banyak orang, dengan berbagai divisi, dengan kontraktor bahkan dengan pemerintahan.

Dalam melaksanakan sebuah project, akan banyak rintangan yang akan menghadang. Apalagi kalau project yang di monitoring itu adalah project yang semua aktifitasnya di lapangan, seperti di jalan raya, di perumahan atau kawasan pemerintahan. Biasanya akan banyak ormas-ormas atau pemuda-pemuda yang mengatasnamakan organisasi tertentu. Tujuannya minta uang dengan berbagai alasan, ada untuk acara RT/RW, untuk acara kelurahan, untuk acara 17 Agustus (padahal 17 Agustus sudah lewat).

Kalau di internal, PMO itu harus sebagai jembatan berbagai divisi. Menerima pendapat, mencoba menganalisa dan menerapkannya dalam project. Kedepannya saya berencana mengambil sertifikasi PMO. Karena saya ingin fokus di bidang ini.

Advertisements

5 comments

  1. Waah….selamat atas posisi barunya. Itu. Posisi yang keren. Sangat menantang karena harus membawa team untuk mencapai goal dalam target waktu dan budget yang ditetapkan, sementara digelantungi oleh berbagai macam tantangan dan juga biasanya banyak perbedaan pendapat dan keinginan dari anggota team yang beragam. Sukses selalu ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s