Pariaman Dengan Kawin Bajapuik

Pariaman terkenal dengan istilah “Kawin Bajapuik”. Artinya apabila ada seseorang menikah dengan laki-laki asal Pariaman, maka pihak perempuan harus menyiapkan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan ninik mamak. Jadi kalau sudah menikah, maka tanggung jawab segala urusan pernikahan bukan lagi diurus sama orang tua laki-laki, melainkan jatuh kepada ninik mamak.

Mungkin sudah ada sebagian orang uang meninggalkan tradisi itu, tapi masih ada juga yang tetap mempertahankannya. Saya termasuk orang yang sedang galau. Karena saya orang Pariaman, dan Insya Allah punya rencana menikah tahun depan. Kalau ditanya, sebenarnya saya tidak mau ada uang jemput segala. Tapi karena orang tua sudah mengingatkan dari awal, mau tidak mau saya harus ikut.

Berikut ada sebuah trailer film, yang di produksi orang Minang. Filmnya menceritakan tentang adat kawin bajapuik di Pariaman. Ini baru trailer, saya sudah terharu menontonnya. Tidak sabar untuk menunggu filmnya. Film tayang rencana pada bulan Januari 2014. Semoga film ini bisa menjawab segala kegundahan masyarakat tentang budaya kawin Bajapuik di Pariaman.

Advertisements

7 comments

  1. halo Ajo Budi. Budaya kita memang aneka ragam ya. Saking bervariasinya kadang yang satu bisa saja terasa asing atau bahkan aneh untuk yang lain. Tapi mungkin itu salah satu yang membuat kita kaya. Selamat menikmati Indonesia. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s