[Traveling] Pulau Beras Basah Part 1

Ketika mendengar nama Pulau Beras Basah, yang ada dalam pikiran saya adalah sebuah pulau yang di dalamnya dijual beras. Kalau untuk kata basah, saya asumsikan untuk pembelinya, jadi pembeli untuk membeli beras itu harus dengan basah-basah. Analogi yang yang sangat tidak masuk diakal, hehehe. Hmm, baiklah, kenapa dinamakan Pulau Beras Basah, akan saya bahas di cerita selanjutnya. Sekarang saya mencoba berbagi suka duka perjalanan saya ke Pulau Beras Basah.

Sebenarnya saya telat untuk posting cerita traveling ini, karena suatu dan lain hal, akhirnya saya juga bisa berbagi pengalaman traveling ke Pulau Beras Basah. Saya ke Pulau Beras Basah bersama teman-teman kantor, saya berangkat dari Balikpapan dengan menyewa dua mobil. Pesertanya ada 8 orang plus 1 orang driver sebagai penunjuk jalan. Untuk mobil yang satunya, saya yang bawa, gantian bersama teman. Capek memang, kami menempuh perjalanan selama 8 jam.

Kami berangkat dari Balikpapan jam 09.00. Sambil menikmati indahnya hutan Balikpapan, kami menargetkan untuk makan siang di Samarinda. Perkiraan kami pas, kami sampai di Samarinda sekitar jam 12.00. Sesampai di Samarinda, kami Shalat Dzuhur terlebih dahulu di Mesjis Islamic Centre Samarinda. Setelah selesai Shalat Dzuhur, kami lanjut makan siang, jaraknya tidak jauh dari Mesjid Islamic Centre Samarinda.

Jam 2, kami memulai perjalanan ke Bontang, Pulau Beras Basah itu terletak di Bontang. Untuk kali ini saya yang bawa mobil. Jalannya bro, bikin kaki pegal, banyak lubang, jalannnya tidak terawat. Sebenarnya kalau jalan normal, Samarinda – Bontang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Tapi untuk kali ini saya menyelesaikan dalam waktu 4 Jam.

Tetapi ditengah perjalanan kami berhenti sebentar di Kampung Dayak. Sebenarnya lebih mengarah pusat kesenian Suku Dayak. Disana terdapat rumah adat, jual berbagai macam hasil kerajinan tangan, ada tarian adat. Jadi setiap beberapa jam sekali ada pertunjukan tarian adat suku dayak.

20131102_130501

20131102_155003

20131102_155029

20131102_155329

20131102_155336

20131102_155342

20131102_160014

Sekitar jam 7 malam kami sampai di Bontang. Akhirnya dapat penginapan yang lumayan murah, Rp. 150.000 berdua untuk satu malam. Kalau saya liat kamarnya cukup bagus, nyaman dan yang penting bersih. Setelah dapat penginapan, kami lanjut makan malam, setelah itu istirahat untuk pertualangan ke Pulau Beras Basah.