Timnas U-19, Semangat Pemuda

Semalam Indonesia VS Malaysia, saya yakin sebagian dari kita pasti menonton pertandingan tersebut. Terlepas dari hasil pertandingan tersebut, saya mendukung usaha dan kerja keras seluruh staf pelatih dan pemain. Saya berharap, Indonesia bisa melepas dahaga gelar selama ini. Karena saya dan rakyat Indonesia lainnya sedang menunggu sorak kemenangan tim merah putih mengangkat piala kemenangan, dan yang paling penting saya menghargai apapun hasil, bentuk permainan Indonesia, karena itu bentuk usaha terbaik yang mereka lakukan. Dukunglah timnas kita, karena itulah cara kita menghargai perjuangan mereka.

Tapi saya miris juga melihat orang-orang yang masih mencaci maki, menghina para pemain, staf pelatih. Padahal mereka sudah berusaha sebaik mungkin. Tadi pagi saya sangat terkejut sekali, ketika saya buka smartphone, lihat beranda di facebook, ada salah satu teman di facebook, membagikan tautan. Tautan itu berasal dari salah satu fan page yang sering membagikan hasil pertandingan. Isi dari tautan tersebut menghina pelatih dari Timnas U-19 yang notabanenya merupakan orang Sumatra Barat.

Saya sebagai orang Sumatra Barat tentu sangat sedih sekali membaca status dari fan page tersebut. Saya bingung, salah apa coba pelatih? Dia cuma menjalankan amanah, mencari pemain-pemain terbaik dari seluruh pelosok negeri, mengumpulkan mereka, menempa skill mereka, memberika mereka bagaimana cara bermain, memberi pengalaman bertanding tingkat internasional. Saya berharap kedepan, tidak ada lagi orang-orang yang menghina pelatih-pelatih yang sudah berusaha sebaik mungkin memberikan hasil yang terbaik bagi kita semua. Hargailah mereka, karena itu merupakan salah cara kita menghargai perjuangan mereka.

Leave a Reply

