Di Lampung Juga Ada

Membahas Lampung tak akan ada pernah habisnya. Provinsi yang banyak menyimpan potensi hutan, hasil kebun yang melimpah ruah. Sebenarnya saya sudah sering mengulas tentang bagaimana kehidupan lampung di blog ini. Tapi saya rasa masih ada yang kurang.

Jawa, merupakan sebuah suku di Indonesia. Disini, Lampung, saya banyak menemui orang jawa. Bahkan beberapa rekan kerja saya ada orang jawa. Sepertinya serasa hidup di daerah jawa. Kenapa tidak, sehari-hari saya mendengarkan orang disini berbahasa jawa. Di bandara, sambil menunggu pesawat datang, saya mendengar orang berbicara menggunakan bahasa jawa.

Saya rasa, program zaman orde baru yang menyuruh warganya untuk melakukan transmigrasi cukup berhasil. Saya lihat, hampir sebagian penduduk lampung orang jawa. Sebenarnya masih banyak suku-suku lain, seperti orang sunda, orang bali, orang minang, orang medan. Tapi lebih dominan orang jawa. Sepertinya untuk belejar bahasa jawa disini juga bisa. Tidak harus jauh-jauh ke pulau jawa.

3 thoughts on “Di Lampung Juga Ada

  1. Setuju, lampung itu miip jakarta, miniatur indonesia. mungkin krn lokasinya relatif dekat dng jakarta kali ya…

    • sedikit2 mbak, tapi kalau dengar orang jawa berbicara, saya mengerti. Tapi kalau untuk berbicara dengan orang jawa belum berani mbak. Takutnya bahasa jawa saya kurang halus.. 🙂

Leave a Reply

