Jakarta = Lampung

Baiklah, sekarang saya bukan sedang mengajarkan teori matematika untuk anda. Saya mencoba membuat sebuah perumpamaan atau sebuah teori perbandingan antara Jakarta dengan Lampung. Dua kota yang pernah saya singgahi dan saya tempati. Dua kota yang mempunyai corak kehidupan yang sama. Berikut perbandingan kota Jakarta dengan Kota Lampung :

  • Penduduk pribumi dari masing-masing kota tinggal di wilayah pinggiran. Di Jakarta penduduk aslinya kebanyakan tinggal di pinggiran kota, jarang yang tinggal pusat kota. Di Lampung hal yang sama juga terjadi,Β  bahkan sampai sekarang ini saya belum mendengar orang yang berbicara menggunakan bahasa lampung. Kebanyakan menggunakan bahasa Jawa.
  • Macet. Macetnya Lampung menurut saya sama parahnya dengan macet di Jakarta. Jam pergi dan pulang kerja dipenuhi dengan mobil. Penuh sesak, jalan tikus pun tidak luput dari kemacetan.

Itu perbandingan saya, bagi sahabat palanta yang pernah tinggal di dua kota tersebut, silahkan berikan penilaian. πŸ™‚

4 comments

  1. Lampungpun sudah sepadat itukah? terakhir mengunjungi Lampung lima tahun yang lalu, perkembangannya melaju cepat ya mengimbangi Jakarta. Salam

  2. Halloo..Kemana saja dirimu Jo? Lampung dan Jakarta kan gak begitu jauh..Macet di Jakarta dengan mudah ditiru di Lampung ..Macet kota kan penyebabnya juga karena karakter manusia..tak melulu soal prasarana dan hukum lalu lintas

Leave a Reply

