Pendek Atau Panjang

Kalau kita sudah dapat ide buat ngeblog, pasti semuanya akan mengalir begitu saja. Tanpa di sangka, tulisan kita sudah memenuhi form postingan blog kita. Kalaupun tidak dapat ide, pikirian kita akan mandek, kita tidak tahu apa yang mau di tulis. Dan akibatnya kita akan malas ngeblog. Akhirnya blog pun tidak terawat, pengunjung yang datang pun sedikit.

Cara menjaga agar kita konsisten menulis di blog adalah menulis secara terus menerus. Walaupun satu paragraf, tulis lah. Karena menulis itu tidak ada batasan. Menulis itu bebas, asal tidak ada pihak yang tersinggung, maka tuangkanlah pikiran anda ke dalam tulisan.

Kenapa saya selalu menekankan satu paragraf? Karena saya agak susah membaca blog yang terlalu panjang. Kalaupun terlalu panjang, tidak apa-apa, asalkan di sisipkan foto. Saya lebih suka membaca blog-blog yang isinya pendek, tapi menarik. Karena ngeblog itu adalah kesinambungan, kita bisa membagi tulisan yang panjang tersebut menjadi beberapa bagian, sekarang kita posting setengah, besoknya kita posting setengan lagi.

18 thoughts on “Pendek Atau Panjang

  1. kalo saya, meskipun postingannya panjang, asal alurnya menarik dan enak dibaca, saya suka kok mas.. hehe.. tapi apapun itu mo panjang atau pendek, yang penting harus selalu menulis, karena seseorang disebut blogger karena tulisannya..

  2. Saya sepaham dengan Dhenok, mo panjang atau pendek yg penting menulis dulu. Nanti kalau sdh jago menuangkan isi pikiran baru deh diatur alurnya panjang atau pendek. Kayaknya kalau tulisan saya sedang saja yah Jo ( gak panjang-gak pendek) hehehe..ngaku saja aku duluan…

  3. Klo saya maunya sedang-sedang saja ga terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, supaya saya bisa membaca postingan lebih banyak… 🙂

  4. he…he…he..he..
    kalau saya membatasi hingga 1000 kata paling banyak,,itu juga untuk postingan yang sifatnya khusus..
    kalau postingan biasa di kisaran 500-700,,
    karena ketika setiap kata di edit ulang..di potong-potong maka akan hilang makna dari ceritanya..
    panjang atau pendek gak masalah yang penting dari hati

  5. Kalau saya malah asal tulis saja dulu, nanti mengalir sendiri…
    Kan tulisan saya itu tentang apa yang saya pikirkan dalam satu hari, jadi ya mengalirnya juga seperti pikiran saya mengalir dalam satu hari.

  6. lebih enak memang langsung dari hati, jadi sesuai apa yg kita pikirkan..cuma ya itu, jadi susah ngukurnya.. hari ini panjang banget, besok2 cuma 2 paragraf.. ^__^

Leave a Reply

