Kita dan Lingkungan

Saya masih ingat judul buku IPA waktu kelas 3 sampai dengan kelas 6, Alam dan Lingkungan. Nah, saya mengganti kata Alam jadi kata Kita. Kalau saya membahas alam, ruang lingkupnya terlalu luas. Saya yang sudah merasakan hidup dibeberapa lingkungan berbeda, menemukan beberapa nilai sosial. Ternyata tiap-tiap daerah itu memiliki kesamaan. Kesamaan itu lah yang sering saya manfaatkan dalam bergaul dilingkungan tersebut.

Kita harus sadar, tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri dibumi ini. Apapun itu konteksnya, manusia tidak akan terlepas dari kata-kata makhluk sosial. Bahkan saya sering kali menyinggung masalah disetiap tulisan saya di blog ini. Selain itu kita tidak hanya bergantung kepada satu atau dua orang, tapi kita akan bergantung pada sekumpulan orang dibumi ini. Apapun masalah dan realitanya, kita harus berinteraksi dengan berbagai macam corak pemikiran. Maka, mulai hari ini, kita harus bisa menghargai orang, bagaimanapun orang tersebut.

One comment

Leave a Reply

