Manajemen Waktu

Memang tidak ada  jurusan atau mata kuliah yang memberikan arahan bagaimana mengatur waktu dengan baik. Semuanya di kembalikan kepada pribadi masing-masing. Setiap orang mempunyai waktu yang sama, tapi cara penggunaannya yang berbeda. Apapun kesibukan seseorang, semuanya kembali bagaimana seseorang tersebut bisa mengelola waktu dengan baik.

Saya mencoba memberikan sedikit tips-tips bagaimana cara mengatur waktu dengan baik :

1. Buatlah skala prioritas

Ini langkah kongkrit yang pertama. Apapun agenda kita, jangka panjang atau jangka pendek, buatlah skala prioritas dari agenda-agenda tersebut.

2. Jadwal

Biasanya orang yang menghargai waktu adalah orang yang menghormati jadwal-jadwal yang telah di buatnya. Setidaknya kita mempunyai tanggung jawab terhadap apa yang kita buat. Usahakan jadwal tersebut di tempel di dinding kamar dan di tempat yang sering kita lihat.

3. Kondisikan dengan teman

Ini hal yang penting, kita harus memberitahukan kepada teman-teman kita, bahwa anda merupakan orang menghargai waktu. Hal ini bertujuan supaya teman anda bisa mengerti kalau membuat janji dengan anda.

Tips-tips di atas hanya secuil dari tips-tips yang ada. Ini saya bagikan, karena saya merasa berhasil melakukannya. Walaupun masih ada kendala-kendala teknis yang mengakibatkan waktu saya terbuang percuma.

Advertisements

One thought on “Manajemen Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s