Migrasi

Perjalanan hidup saya di dunia maya memang tidak pernah lurus. Bermacam-macam modem, kartu sudah saya coba. Semuanya saya coba demi kenyamanan saya berselancar di dunia maya. Kalau beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas modem-modem yang saya gunakan, sekarang saya mencoba membahas apa saja kartu internet yang pernah saya pakai.

1. Flexi
Inilah kartu internet yang pertama kali saya pakai, dari sisi harga lumayan murah, dari sisi kecepatan juga lumayan untuk kita cuma browsing dan download file-file yang berukuran kecil. Saya sering pakai paket bulanan dengan harga Rp. 50.000/bulan.

2. Three
Kartu internet yang kedua saya pakai. Three merupakan operator internet di kelas GSM. Kecepatannya lumayan, tapi sayangnya three masih menggunakan kuota. Jadi kita yang sering melakukan download, dan apabila kuota telah habis, maka siap-siap untuk kecepatan internet yang sangat lemot. Untuk standar GSM, three bisa di andalkan.

3. Aha
Saya makai aha, ketika saya membeli modem huawei. Sekitar dua bulan yang lalu. Kecepatannya lumayan cepatlah. Tapi sayang, masih pakai kuota. Kadang-kadang signalnya angin-anginan. Saya memakai paket dinamis dengan harga Rp. 110.000/bulan.

4. Smart
Inilah kartu internet yang saya pakai sekarang. Kartu CDMA yang memiliki kecepatan yang cukup lumayan. Selain itu juga sudah menggunakan jaringan EVDO Rev A. Saya memakai paket premium Rp. 90.000/bulan. Satu hal kelebihan dari smart ini adalah unlimited alias tidak kuota.

Sekarang tergantung anda meletakan pilihan dimana, pastikan sebelum anda menggunakan salah satu kartu buat internet, anda mencari informasi sebanyak mungkin.

Leave a Reply

