Antara Kita dan Orang-Orang Di Sekitar

Manusia merupakan makhluk sosial, konteks itu tidak akan pernah terlepas dari tatanan kehidupan kita. Kebersaman merupakan suatu perihal yang sangat dan patut diperhitungakan. Kebersamaan adalah corak dari beragam warna yang ada dalam kehidupan. Makhluk sosial mempunyai kaitan sangat erat kebersamaan, setiap kebersamaan mempunyai arti penting dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial.

Sebagai makhluk sosial yang selalu hidup dalam kebersamaan, sudah sepatutnya kita mempunyai tanggung jawab dan perasaan terhadap sesama. Perasaan disini membahas masalah hubungan kita dengan lingkungan kita, apapun yang kita putuskan seharusnya dapat menguntungkan semua pihak. Jangan kita lepas tanggung jawab setelah kita mengambil sebuah keputusan yang mana keputusan tersebut hanya menguntungkan diri kita sendiri, tapi merugikan pihak-pihak lain.

Dampak dari semua yang kita putuskan serta apa saja yang akan terjadi setelah kita memutuskan suatu hal harus dipikirkan. Setiap kita mempunyai kaitan kepentingan antara kita dengan orang-orang yang ada di lingkungan kita. Seharusnya kita berkaca pada kaca yang memiliki beberapa dimensi. Kaca beberapa dimensi ini bisa memantulkan berupa dampak-dampak buruk terhadap keputusan yang kita ambil. Kaca itu terletak pada diri kita sendiri, yaitu pada hati kita. Hati kita lah yang menentukan semua tindakan yang kita ambil. Jadi apapun yang putuskan seharusnya mempunyai dampak yang menguntungkan antara kita dan orang-orang di sekitar lingkungan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s