awas, ada kamera pengintai di ATM!!!

Terkadang saya bingung, kapan kejahatan pembobolan ATM di negara ini habis dibrantas. Entah siapa yang salah. Dari hari ke hari semakin banyak saja korban dari kejahatan ini. Pelakunya tidak kehabisan ide atau cara untuk melakukan aksi mereka. Mulai dari menawarkan bantuan untuk membantu nasabah melakukan transaksi, memasang kamera pengintai, sampai ada alat yang di pasang dekat tempat memasukan kartu ATM yang gunannya untuk merekam password nasabah.
Pihak pertama yang bakal di minta pertanggung jawaban adalah bank. Seharusnya bank harus bisa memberikan pangamanan terhadap para nasabahnya yang melakukan transaksi melalui ATM. Bank harus menerapkan sistem keamanan yang bisa mencegah terjadinya kejahatan pembobolan ATM oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pihak kedua adalah para penyedia mesin ATM. Perusahaan-perusahaan yang menyediakan mesin ATM harusnya bisa menelaah kesalahan-kesalahan yang ada di sistem mereka. Mereka harus melakukan pengkajian atau riset terhadap apa saja kelemahan pada sistem mereka.
Salah satu cara yang sangat baik untuk mencegah kejahatan ini adalah dengan cara mengganti password dengan sistem sidik jari. Ini bisa mengurangi resiko terjadinya pelanggaran.
Dan yang terpenting adalah kewaspadaan diri kita terhadapa lingkungan. Jangan pernah percaya terhadap orang-orang yang kita kenal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s